All Article of

Kokiku TV

Tips Mencegah Buah Apel Berubah Warna

Malas menyimpan buah apel yang sudah dipotong karena warnanya berubah kecoklatan? Ikuti tips mudah ini supaya kamu dapat menikmati buah apel yang terlihat fresh!
Buah apel dan pir merupakan buah-buahan yang sangat dianjurkan para ahli gizi untuk dikonsumsi, karena kaya akan vitamin. Sayangnya, buah-buah ini mudah mengalami perubahan warna lho setelah dipotong, menjadi agak kecoklatan. Proses alamiah ini dikenal dengan polifenol oksidase dan umum terjadi pada buah-buahan yang mengandung gula.

 
Walaupun tidak mempengaruhi rasa ataupun kandungan vitaminnya, tetapi tentunya perubahan warna ini bisa mempengaruhi selera kita untuk menyantapnya. berikut beberapa tips untuk membuat buah-buah ini tetap terlihat  segar dan putih setelah dipotong.

 
1. Rendam dalam air yang sudah diberi sedikit garam
Rendam potongan apel/pir didalam air yang ditambahkan 1/2 sdt garam, diamkan selama 10 menit. Lalu buah siap disimpan dan disantap kapanpun dengan tampilan yang masih putih.

 
2. Rendam didalam air soda
Walaupun terdengar agak aneh namun cara ini ternyata juga bisa dilakukan untuk mencegah buah-buahan kita dari proses perubahan warna.


3. Rendam dalam air yang diberi perasan jeruk lemon
Cara ini juga merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat tampilan buah-buahan tetap fresh. Potong-potong jeruk lemon lalu sedikit diperas dan dicampurkan ke dalam air. Rendam potongan apel/pir selama 10 menit, lalu, voila! Buah-buah ini akan terus terlihat cantik dan segar sepanjang hari.

Kokiku TV
0

Kokiku TV

5 Tips Fit dan Bugar Saat Berpuasa

Ramadhan merupakan bulan dimana kita sebagai umat Muslim berpuasa satu bulan lamanya. Puasa juga dipercaya sangat baik bagi kesehatan pencernaan kita, karena selama satu bulan penuh kita memberikan sistem pencernaan kita waktu untuk beristirahat dan mengurangi beban kinerjanya. 
14 jam menahan haus dan lapar tentunya menjadi tantangan tersendiri, sehingga asupan gizi yang kita konsumsi disaat berbuka maupun sahur menjadi 2 kali lebih penting dari biasanya. Pilihan makanan yang tepat tentunya akan mampu menyokong kebutuhan energi kita untuk beraktifitas, sehingga badan tetap terasa fit dan bugar disaat kita menjalani ibadah kita. 

Yuk, kita simak 5 tipsnya di halaman berikut ini!

1. Konsumsi air putih 
Konsumsi air putih yang banyak ketika sahur dan berbuka untuk menghindari tubuh dari dehidrasi dan kehilangan elektrolit.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks terdapat pada beras merah, gandum dan ubi. Makanan tersebut dapat membuat perut lebih kenyang dan menstabilkan gula darah. Stabilnya gula darah akan menghindari rasa pusing dan mual saat berpuasa.

3. Perbanyak sayur dan buah-buahan 
Banyak mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan ketika berbuka maupun sahur dipercaya bisa membantu mengurangi masalah bau mulut ketika berpuasa. Tentunya juga mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan gizi yang baik.

4. Olahraga ringan
Dengan melakukan olahraga ringan 30 menit sebelum waktu berbuka dipercaya bisa membantu tubuh kita mengeluarkan racun dari dalam, sehingga tubuh tidak mudah terasa lemas dan tetap fit saat berpuasa.

5. Hindari mengkonsumsi makanan yang membuat tidak nyaman
Hal ini seperti menghindari minuman bersoda, terlalu pedas atau juga terlalu berlemak ketika berbuka puasa dan sahur. Sehingga lambung tetap merasa nyaman dan tidak merasa mual saat beraktifitas di kala puasa.

Kokiku TV
0

Kokiku TV

3 Tips Menghilangkan Bau Amis Ayam

Sering merasa ayam yang sudah dimasak tetap berbau amis? Hal ini bisa jadi dikarenakan cara membersihkan yang salah. Berikut 3 cara menghilangkan bau amis pada ayam!

1. Basuh dengan cuka
Cuci ayam dengan air yang dicampur dengan 1 sdt cuka sampai merata di setiap bagiannya. Gosok-gosok lalu cuci dengan air yang mengalir hingga bersih. Keringkan.

2. Basuh dengan jeruk lemon
Sama dengan cuka, kali ini peras air jeruk lemon pada ayam hingga merata, diamkan sebentar lalu cuci dibawah air yang mengalir. Keringkan.

3. Rendam ayam dalam air 30 menit sblm dimasak
Bila ayam masih dalam keadaan beku, rendam dalam air terlebih dahulu. Ganti air rendaman sampai tidak berwarna keruh. Setelah tidak beku, keringkan dan ayam pun siap dibumbui.

Kokiku TV
0

Kokiku TV

5 Tips Memotong Nanas

Nanas buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tetapi buah ini memiliki kulit yang tajam dan kasar. Memotong dengan teknik yang salah bisa berakibat lidah mejadi gatal-gatal akibat terkena getahnya. Simak tips memotong nanas berikut ini!

Buanglah pucuk daun pada bagian pangkal nanas. 
Potong nanas menjadi 2 bagian yang memanjang, lalu potong menjadi 4 bagian kecil.
Buang kulit kasar nanas, lalu cungkil dan buang bintik mata nanas dari bagian atas hingga bawah.
Potong nanas dengan mengikuti garis teskturnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. 
Rendam nanas di dalama air garam. Cuci, tiriskan dan sajikan!

Kokiku TV
0

Kokiku TV

Mengenal 4 Tipe Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun atau sering disebut buah olive. Bisa dibilang minyak ini merupakan minyak multifungsi, karena selain untuk memasak, minyak ini sering digunakan untuk kesehatan, kosmetik, sabun dan bahkan bahan bakar untuk lampu minyak.

1. Virgin Olive Oil
Minyak jenis ini sering dijadikan pembuatan saus salad dan bisa dikonsumsi secara langsung. Virgin olive olive merupakan proses perasan dingin dari ekstrak pada perasan yang kedua, Setelah buah di petik, di press dan dicuci buah zaitun langsung diproses dan di filtrasi.

2. Extra Virgin Olive Oil
Minyak Zaitun extra virgin merupakan minyak zaitun dengan kualitas tertinggi dan memiliki harga yang tertinggi. Tipe ini memiliki rasa dan aroma terkaya dan tekstur paling kental dibandingkan jenis lainnya. Diproses menggunakan mesin, dan dihasilkan pemerasan pertama melalui proses cold press dimana suhu kurang dari 86 F.

3. Pure Olive Oil
Minyak zaitun tipe ini merupakan minyak hasil penyulingan buah zaitun dan hanya diproses dengan campuran dari tipe virgin olive oil. Minyak zaitun tipe ini paling sering digunakan untuk memasak.

4. Pomace
Tipe minyak ini merupakan tipe minyak yang paling tidak populer dikarenakan rasa yang dimilikinya sangat ringan. Namun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sama dengan tipe pure olive oil, sehingga tetap memberikan khasiat bagi kesehatan yang baik. Tipe jenis ini umum digunakan untuk produk-produk kecantikan

Kokiku TV
0

Kokiku TV

5 Tips Mengupas Bawang

Mengupas bawang merupakan tantangan tersendiri karena dapat membuat mata menangis, apalagi bagi para pemula di dapur. Dipercaya penyebab dari semua ini adalah senyawa sulfur yang terkandung di dalam bawang. Berikut 5 tips untuk menghindari adegan menangis bombay di dapur:

1. Kupas bawang dibawah air yang mengalir
Hal ini dipercaya bisa menghalangi zat yang membuat mata pedih bereaksi dengan mata kita. Agar irit air, bisa juga mengupas bawang dalam baskom berisi air.

2. Gunakanlah pelindung mata atau goggle
Dengan menggunakan pelindung mata tentunya mata menjadi aman dan nyaman ketika mengupas bawang.

3. Dinginkan bawang dalam kulkas selama beberapa jam
Proses pendinginan dipercaya bisa mengurangi kandungan gas dalam bawang sehingga mata tidak terlalu pedih ketika mengupasnya.

4. Pelajari cara memotong yang benar
Potong bagian atasnya terlebih dahulu, lalu kupas bagian terluarnya dan biarkan akarnya tetap utuh. Bagian akar ini dipercaya paling banyak mengandung sulfur yang menyebabkan mata pedih. Hindari memotong bagian akarnya terlebih dahulu.

5. Gunakan food processor atau pengiris bawang.
Cara ini merupakan cara yang paling praktis dan mudah untuk dilakukan untuk menghindari adegan 'menangis' di dapur.

Kokiku TV
0